Tongkang milik PT. Indo Jaya Trans Samudera tabrak Pender jembatan Kalahien Buntok.

By Administrator Published on 58:08, 30 Apr 2019.
 Tongkang milik PT. Indo Jaya Trans Samudera tabrak Pender jembatan Kalahien Buntok.

Buntok – RN.Beberapa tahun lalu Tongkang menabrak tiang jembatan Bejarum Kotabesi yang mengakibatkan antriaan berbulan-bulan dengan segala permasaalahannya kini di kalahien  bunto Tongkang bermuatan Batu Bara sebanyak 7.100 Ton, milik PT.Indo Jaya Trans Samudera (IJTS), menabrak pender jembatan Kalahien, hingga tumbang, Selasa (30/4/2019).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh awak media ini, Kapal Tug Boat dengan nama ITS Diamond tersebut, bermuatan Batu Bara dari arah Paring Lahung menuju Banjarmasin tersebut, menabrak pender jembatan Kalahien diperkirakan terjadi sekitar pukul 05.10 WIB.

Diterangkan oleh Kapten Kapal ITS Diamond, Edi Susanto, kejadian tabrakan kapal yang dinahkodai olehnya tersebut, dikarenakan kecangnya arus sungai Barito di sekitar Jembatan Kalahien, sehingga tongkang yang ditarik oleh kapalnya tidak bisa dikendalikan dan terpeper kekiri dan kemudian menabrak pender jembatan.

"Kejadiannya sekitar pukul 05.10 WIB, karena arus, jadi kapal tidak bisa dikendalikan, akhirnya sebelah bagian kiri lambung tongkang yang ditarik menghantam pender jembatan," katanya.

Kejadian ini dibenarkan oleh pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Dusun Selatan, berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Kapolsek, Iptu Abdi Karsa, sementara ini kapal beserta tongkang tersebut masih di tahan di perairan Barsel dan masih dalam proses penyelidikan.

"Benar mas, kita masih menyelediki terkait kejadian ini, mungkin nanti pihak perusahaan (PT.IJTS) dari Jakarta akan datang juga kesini (Buntok),"  dijelaskan  Kapolsek saat ditemui awak media di sela kegiatan Pleno hasil Pemilu di Kantor Kecamatan Dusun Selatan, Selasa (30/4/2019).(Tim - RN)

Share

0 Comments

Join the Conversation