SE Nomor 015 Tahun 2018 terkait Power bank seharusnya dilengkapi dengan mesin ukur yang akurat.

By Administrator Published on 32:08, 31 Oct 2019.
SE Nomor 015 Tahun 2018 terkait Power bank seharusnya dilengkapi dengan mesin ukur yang akurat.

Jakarta – RN. Pertanggung jawaban dalam dunia penerbangan sangat tergantung pada  petugas pengamanan bandar udara, profesi yang sangat penting demi menjaga keamanan di bandar udara. Tentu saja profesi ini berpengaruh besar karena jika kita melihat beberapa kejadian seperti pembajakan di atas pesawat dan kejadian pengeboman di bandara. Petugas AVSEC juga mempunyai tanggung jawab yang berat. Tentunya banyak aspek yang harus diperhatikan dan mengacu kepada regulasi internasional yang ketat.

Petugas AVSEC tentunya selama pendidikan mempelajari setiap karakter orang-orang yang nanti akan mereka temui saat melakukan pengamanan baik dalam penanganan masalah pengamanan maupun layanan terhadap para calon penumpang. Setiap benda yang dibawa oleh calon penumpang tentu bisa saja ada yang dapat membahayakan keselamatan calon penumpang lainnya. Pada situasi seperti ini petugas AVSEC harus dapat menanganinya dengan tepat sesuai dengan regulasi internasional yang berlaku.

AVSEC tentunya tidak sama dengan petugas Security biasanya karena mereka juga mempunyai ruang lingkup yang berbeda. Selain berbeda dalam setiap tugas yang dimiliki oleh petugas AVSEC, para petugas ini juga dibekali dengan beberapa peralatan yang menunjang pekerjaan mereka selama memberi pengamanan di bandar udara seperti : Alat, pendeteksi metal, X-Ray Scanner, Alat pendeteksi peledak, Alat komunikasi radio yang terhubung ke setiap petugas AVSEC, Alat pendeteksi bahan organik dan non organik, Alat pendeteksi radioaktif.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten misalnya, telah mengaplikasikan airport operation control center (AOCC) untuk meningkatkan pelayanan yang efektif pada seluruh pengguna moda transportasi udara dengan mengutamakan sejumlah aspek seperti keselamatan (safety), keamanan (security), pelayanan (service), serta pemenuhan atas regulasi (compliance).

penerapan smart security juga akan lebih mempermudah para personel pengamanan penerbangan atau Aviation Security (Avsec) yang bertugas di bandara, sehingga mampu bekerja lebih cepat dengan mengandalkan sistem digital yang sudah diterapkan, terutama untuk pengidentifikasian barang kategori pembatasan atau yang dilarang.

Ada juga peraturan yang berkaitan dengan Membawa Power Bank dalam Pesawat yaitu SE Nomor 015 Tahun 2018 yang disahkan pada tanggal 09 Maret 2018 ini sangat penting dengan itu Kini  penumpang wajib melapor kepada petugas bandara apabila membawa power bank maupun baterai lithium cadangan ke dalam kabin pesawat. Power bank atau baterai lithium cadangan yang mempunyai daya jam (watt-hour) tidak lebih dari 100 Wh dapat dibawa oleh penumpang. Power bank atau baterai lithium cadangan yang mempunyai daya per jam (watt-hour) lebih dari 100 Wh tapi tidak lebih dari 160 Wh, harus mendapatkan persetujuan dari Badan Usaha Angkutan Udara . Power bank atau baterai lithium cadangan yang mempunyai daya jam lebih dari 160 Wh atau besar daya jamnya (watt-hour) tidak dapat diidentifikasi, dilarang dibawa ke dalam pesawat.

Namun sangat aneh sebuah peraturan biasanya berkonsekuwensi dengan apa yang dimuat dalam aturan tersebut kita kawatir terhadap kewaspadaan Aviation Security (Avsec) apa bila dalam pengecekan Power bank hanya sebatas menghitun angkaangka yang tertera pada benda yang disebut dengan Power bank tanpa ada alat pendeteksi berapa besar sebenarnya baterai lithium cadangan yang terdapat dalam sebuah benda yang disebut dengan Power bank.

Mengerikan sekali bagi suatu keamanan yang percaya pada Hitungan Manual dibanding dengan pengecekan yang sebenarnya dengan menggunakan alat penghitung untuk mengetahui berapa besar daya ledak baterai lithium cadangan yang ada dalam setiap  Power bank yang dibawa penumpang Pesawat Terbang, karena belum tentu tulisan yang tertra itu akan sebenarnya merupakan isi baterai lithium cadangan dalam Power bank tersebut. (Tim – RN)

Share

0 Comments

Join the Conversation