PT Erna Djuliawati jalankan PGM Aturan Pemerintah.

By Administrator Published on 13:10, 30 Jul 2017.
PT Erna Djuliawati jalankan  PGM Aturan Pemerintah.

Tumbang Darap - RN. PT Erna Djuliawati  yang mengantongi SK No. : 15/Kpts-IV/1999 Tanggal 18 Januari 1999 dengan luas areal konsesi 184.206 Ha terletak wilayah kerjanya di dua Provinsi Kalbar dan kalteng. Sudah berkontribusi cukup banyak kepada warga di sekitar arealnya. Meski dikatakan oleh Bahrudin salah satu pemangku kebijakan di  PT Erna Djuliawati  tetap ada yang belum sempurna dilapangan.  “memang ketidak puasan itu selalu ada tapi itu merupakan cambuk buat kita untuk bekerja lebih maksimal seperti meningkatkan kemampuan perekonomian masyarakat desa sekitar hutan di areal kami, contoh dengan memberikan Bantuan stimulant Peternakaan, Pertanian, Angkutan, Pendidikan , Kesehatan, Kerohanian,dan lain-lain kepada 14 desa binaan yang ada di sini” kata Bahrudin kepada RANKANNAULO.COM pada saat pertemuan di kantor Camp Bukit Beruang PT Erna Djuliawati Tumbang Darap Seruyan Tanggal 29 Juli 2017.

Kehadiran  PT Erna Djuliawati  di deretan pegunungan Sehwanermuler  yang memperkerjakan 967 Karyawan  membuat terobosan Tranportasi di Pedalaman hutan Borneo ini terbukti dengan tembusnya  teman-teman Tim Monitoring dari beberapa Wartawan dan LSM Sampit menelusuri Bentangan Jalan Ribuan Kilometer antara kalteng Kalbar. Namun dalam perjalanan yang melelahkan itu masih banyak hal yang perlu menjadi perhatian Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten setempat.  Seperi permasalahan kayun Ulin, Kayu tebangan tanpa izin yang resmi sampai teriakan masyarakat karena hilangnya Penghalisilan mereka dari Buah Tengkawang dan sempitnya areal Garapan pertanian masyarakat di beberapa Desa Kabupaten Seruyan.

Terkait Tengakawang dan PGM atau Patok Batas Garapan Masyarakat dan ulin “ kami Cuma menebang Pohon Tengkawang yang tumbuh di Bukit-bukit sesuai rekomendasi Pusat Konservasi Tumbuhan – Kebunraya Bogor LIPI sesuai PP RI No. : 7 Tahun 1999 tertanggal 27 Januari 1999, kalo PGM kami Cuma melaksanakan aturan dari Pemerintah jadi kami tidak berani kalau tidak Prosedural” jelas Bahrudin pada RANKANNAULI.COM.

Sebenarnya Jarak tempuh sampit ke Bukit Beruang Desa Tumbang Darap Seruyan Relatif Pendek apabila Ruas Jalan Desa Tumbang Majul Ke Desa Tusuk Belawan yang pernah menjadi Objek AMD  Di Buat Dengan Baik. Namun hal ini terdapat beberapa Pendapat dan sempat terjadi Kasus HUKUM yang hampir menjerat Pejabat PT Erna Djuliawati Beberapa waktu yang lalu.

Kayu Ulin yang merupakan khas Kalimantan banyak terindikasi terbang kewilayah lain ini terjadi karena disandarkan pada kebutuhan masyarakat local namun menurt Kapopol PT Erna Djuliawati  di desa Tumbang Darap Peru kami selalu memberikan Pembinaan dan Bimbingan Hukum terkait Penebangan kayu ulin, “kalo yang kearah kalbar kami tidak toleransi, tidak ada jalan-jalan tikus tempat yang kami awasi” ujar Pero Pada RANKANNALI.COM. (Tim- RN)

Share

0 Comments

Join the Conversation