Pelantikan Bintara Polri Diktuba 2017/2018. Kapolda Kalteng :”Jadilah Teladan Bagi Masyarakat”

By Administrator Published on 34:05, 07 Mar 2018.
Pelantikan Bintara Polri Diktuba 2017/2018. Kapolda Kalteng :”Jadilah Teladan Bagi Masyarakat”

Palangkaraya – RN.  Kapolda Kalteng Brigjen Anang Revandoko melantik 164 Bintara Polri Polda Kalteng di SPN Cilik Riwut, Selasa (6/3/18).

Bintara Polri yang dilantik ini sebelumnya telah mengikuti pendidikan pembentukan di SPN Cilik Riwut di kecamatan Bukit Rawi  selama tujuh bulan mulai dari tanggal 9 Agustus 2017 sampai dengan dilantik dengan total 1400 jam pelajaran yang diberikan.

Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2017/2018 merupakan rangkaian akhir dari Program Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2017/2018 yang telah berlangsung selama 7 (tujuh) bulan, di Sepolwan Lemdiklat Polri, Pusdik Sabhara, Pusdik Binmas, dan 29 SPN jajaran Polda di seluruh Indonesia.

Pendidikan Pembentukan Bintara Polri ini menjadi salah satu upaya penting dalam mewujudkan Polri yang promoter.

Dengan jumlah brigadir yang mencapai 350.994 personel atau 79,2% dari jumlah total personel Polri, maka Bintara Polri merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan tugas Polri.

Kinerja dan perilaku Bintara Polri akan memberikan pengaruh besar terhadap citra dan penilaian masyarakat terhadap organisasi Polri.

Melalui penerapan kebijakan minimum zero growth dan sistem rekruitmen yang berasaskan BETAH, Polri diharapkan dapat menghasilkan Bintara Polri dengan memiliki kualifikasi umum maupun Bintara Polri dengan kualifikasi khusus.

“Pendidikan pembentukan Bintara Polri T.A. 2017/2018 telah mendidik 10.139 personel Polri, terdiri atas 9.578 polisi laki-laki dan 561 polisi wanita, dengan 9.939 Bintara Polri memiliki kualifikasi umum dan 200 Bintara Polri memiliki kualifikasi penguasaan teknologi informasi” ujar  Brigjen Anang Revandoko  membacakan sambutan tertulis Kapolri.

“Selama proses pendidikan, para Bintara Polri ini telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang kepolisian, sebagai modal utama dalam menghadapi berbagai tantangan tugas di lapangan” tambahnya.

“Pelantikan Bintara Polri T.A. 2017/2018 ini selayaknya disyukuri sebagai momentum awal pengabdian Saudara kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Saudara akan langsung dihadapkan pada beragam agenda nasional yang memerlukan kesiapsiagaan Polri secara optimal” tegas Kapolda.

 Pada kesempatan yang baik ini, ada beberapa penekanan yang disampaikan, yaitu :

  1. Senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dalam berpikir, bersikap, dan bertindak, baik dalam tugas kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari;
  2. Amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya, sebagai pedoman pelaksanaan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara;
  3. Jalin komunikasi dan kerja sama sinergis dengan masyarakat, TNI, dan seluruh pemangku kepentingan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat;
  4. Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan terus belajar dan berlatih guna mendukung keberhasilan pelaksaan tugas yang semakin kompleks; dan
  5. Jadilah teladan bagi masyarakat serta hindari perbuatan yang dapat menjatuhkan kehormatan diri, keluarga, dan organisasi Polri.

Mengakhiri Kapolri mengucapkan selamat kepada seluruh Bintara Remaja Polri atas keberhasilan dalam menyelesaikan rangkaian pendidikan.

“Selamat kepada para orang tua dan keluarga yang telah berhasil mengantarkan putra-putrinya menjadi bagian dari keluarga besar Polri. Terus dukung dan jaga putra-putri Saudara untuk senantiasa melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh semangat” Kapolda Kalteng Brigjen Anang Revandoko.

Selaku pimpinan Polri, Kapolri juga  mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kalemdiklat Polri, Kasepolwan, Kapusdik Sabhara, Kapusdik Binmas, para Ka SPN Polda jajaran, beserta seluruh tenaga pendidik, instruktur, dan pengasuh, atas terselenggaranya Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2017/2018 dengan lancar dan sukses.

Pada saat di Tanya tentang Persentase Pesertas Pelantikan yang merupakan Putra Daerah Kapolda kalteng mengatakan”Cukup Baik Dari hasil seleksi di tahun 2017 calon dari daerah cukup mendominasi” uajr Kapolda Kalteng.

Berkaitan dengan Sebanyak 100 anggota Satbrimob Polda Kalteng menjalani tugas di Areal PT Freeport Indonesia, Distrik Tembagapura, Timika, Kabupaten Mimika, Papua.” Mereka menjadi bagian dari Satgas Terpadu yang memburu Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB). Ketangguhan Anggota kita di sana sangat disukai oleh teman-teman di Timika karena anggota kita sudah terbiasa berlatih di hutan Kalimantan yang mendekati kondisi riil di Timika, sehingga anggota kita diminta untuk bertugas lagi selama 6 bulan” sampai Kapolda Kalteng Brigjen Anang Revandoko wartawan sebelum meninggalkan SPN Cilik Riwut.

 

Anggota Satbrimob Polda Kalteng  selalu bergerak dalam melaksanakan tugas melewati jalur Perjalanan yang menempuh jarak 44 mil (1 mil=1, 6 km). Dengan menggunakan  mobil yang bermesin 4.500 cc turbo diesel untuk melewati medan yang menanjak.

Kondisi Mobil dilapisi kaca anti peluru di bagian depan. Tapi tidak untuk sisi samping dan belakang, yang hanya dilapisi papan anti peluru sejenis viber setebal 2 cm menutup kaca. Hanya menyisakan seperdelapan untuk cahaya masuk. Dinding kaca juga ada lubang sebesar lingkaran kaleng minuman bersoda di tiap sudutnya. 

Sekilas tentang kondisi Tugas Satbrimob Polda Kaltengdi Timika Harus  melintasi tiga check point atau sejenis pos pengecekan atau pemeriksaan untuk sampai di Mil 72. Yakni di mil 34, 42 dan 66. Yang diperiksa oleh Petugas di perusahaan tersebut .

Satbrimob Polda Kalteng bertugas di dua titik lokasi di mil 70 yang dijadikan tempat  melakukan pemantauan terhadap pergerakan musuh danposis  markas Satbrimob Polda Kalteng  di mil 72. (Tim – RN)

Share

0 Comments

Join the Conversation