Mesjid Darul Muttaqin Tidar melaksanakan Sholat Idul Fitri 1440 H.

By Administrator Published on 53:04, 05 Jun 2019.
Mesjid Darul Muttaqin Tidar melaksanakan Sholat Idul Fitri 1440 H.

Sampit – RN. Hari kemenangan umat islam merupakan hari yang didambakan sekaligus mengharukan. 1 Sawala 1440 H bertepatan dengan 5 Juni 2019 warga Tidar Blok A, E serta sekitarnya melakukan Sholat aidil Fitri di Mesjid DARUL MUTTAQIN Komplek Tidar. Walaupun kondisi fisik mesjid masih belum sempurna namun keinginan masyarakat untuk menggunakannya.

Bertindak selaku Khotib dan Imam Idul fitri 1440 H Drs Muhammad Nasir. Dalam Khotbahnya M. Nasir mengajak Ummat untuk mulai berjuang mempertahankan tekad menahan nafsu ankara, mengokohkan kesatuan dan persatuan Bangsa. M. Nasir mengatakan  “puasa secara fikih sangat sederhana, yakni menahan diri dari makan, minum, hubungan suami istri, serta semua yang dapat membatalkannya karena Allah SWT. Waktunya ditentukan dari terbitnya fajar kedua hingga terbenam matahari” kata nasir.

Dalam Alquran, misalnya, menahan diri dari berbicara juga diistilahkan dengan shoum. Seperti dilakukan Maryam binti Imran yang dilarang bicara setelah melahirkan Nabi Isa alaihissalam.

"Inni nadzartu lirrahmani shouma (Sesungguhnya Aku telah berjanji atau nadzar kepada Allah untuk menahan diri (shoum)."

"Makna menahan diri di sini adalah menahan diri dari berbicara," imbuhnya.

Terkait ini, Rasulullah SAW juga pernah memberi nasihat di saat seseorang diajak bertengkar atau berkelahi hendaknya berkata, "Saya berpuasa (inni shoo-im)." "Tentu kata 'shoo-im' atau puasa di sini dimaksudkan menahan diri," kata Nasir.

"Di sinilah sesungguhnya letak urgensi puasa. Karena betapa banyak destruksi atau kerusakan yang terjadi dalam hidup manusia disebabkan kegagalan manusia itu sendiri dalam mengendalikan hawa nafsunya," kata Muhammad Nasir dalam Khotbahnya.

Menurut Ketua Panitia sholat Idul Fitri Darul Muttaqin Jailani "Kondisi Masjid Darul Muttaqin memang masih jauh dari selesai masih belum Berlantai dan berdinding namun pada saat sholat idul fitri banyaak warga melakukan sholat bersama di sana" kata jailani pada Rankannauli.com. (Tim – RN)

Share

0 Comments

Join the Conversation