H. Herri Suwantoro "Mahkota Pengadilan adalah Putusan yang baik dari Pijakan Hukum yang Faktual di Persidangan".

By Administrator Published on 45:09, 22 Sep 2018.
H. Herri Suwantoro

Sampit – RN. Pengadilan Negri klas 1 B telah rampung direnovasi secara keseluruhan sehinggah layak untu diraemikan pemakainnya bertepatan pada  Tujuh hari Ninik Hendras Susilowati, SH menjabat Ketua Negri Sampit yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pemalang, Jawa Tengah. Langsung melakukan kegiatan besar yaitu peresmian gedung PN Kelas 1 B Sampit hasil Renovasi Dua Tahap.

Bertepatan pada waktu yang hampir berdekatan telah di lakukan juga pengisian Wakil Ketua PN Sampit yang Memang sudah Sekitar dua tahun Juga jabatan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sampit  kosong setelah ditinggal oleh Alfon.

Menurut Ninik, bertugasnya Akhmad Fijiansyah Joko Sutrisno ke Pengadilan Negeri Sampit suatu kehormatan baginya. Apalagi, ia yang melantik, karena sejak 1994-1999 mereka berdua pernah sama bertugas di Pengadilan Negeri Purwokerto.

Keberadaan PN Sampit yang menurut Ninik Hendras Susilowati, SH sudah berakreditasi A harus ditingkatkan agar mendapat pengakuan secara internasiobal dengan terdaftar sebagai anggota International Consotium Of Court Excellent.

Pada Peresmian PN Klesa 1 B Sampit Jumat 21 September 20181 dalam sambutan Sutaman yang mewakili Bupati Kotim menyampaikan keberadaan Monografi kabupaten Kotim yang mempunyai luas 16.000 Km2 dengan 17 Kecamatan, 116 desa dan kelurahan yang dihuni 341.000 jiwa mendapat posisi PDRB  teratas di Kalteng dengan pertumbuhan ekonomi 6 % per tahun. Sutaman juga mengatakan dalam sambutannya “Pemerintah kotim yang didukung oleh DPR D kotim telah menyediakan lahan untuk pembangunan Kantor Pengadilan Negri Sampit yang lebih refresentatif” kata Sutaman.

Dalam sambutan Direktur Jenderal Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia, H Herri Swantoro “Pengadilan Negeri Sampit adalah ujung tombak penegakan hukum di daerah ini Karena Pengadilan Negeri Klas IB Sampit ini mewakili Mahkamah Agung   ” kata Herri 21 September 2018 di PN Sampit.

Herri ingin pengadilan bisa memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan aturan hukum yang ada karena fungsi utama dari Pengadilan Negeri Sampit ini sebagai ujung tombak penegakan hukum yang mewakili Mahkamah Agung, yakni salah satunya menyelenggarakan divisi utama persidangan.

Lanjut dia, peradilan persidangan adalah hal yang penting dan yang lebih penting adalah kualitas yang dihasilkan oleh para hakim muda yang ada di pengadilan yaitu Putusan yang baik karena itu adalah Mahkota Pengadilan Negri”.

H Herri Swantoro mengingatkan dalam PN Sampit usahakan daerah integritas harus diwujudkan, evaluasi kemajuan tingkat kepuasan harus di tampilkan di ruang terbuka yang dapat dilihat pengunjung agar SK Ditjen Badilum No 77/DJU/SK/HM.02.3/2/2018 Tentang Standar Pedoman Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri dapat dijalankan dengan baik. H Herri juga ingin putusannya yang dilakukan harus jadi suritauladan yang baik. Karena dengan putusan yang baik diharapkan dapat menarik dan menapaki jenjang karier karena semua tentunya ingin menjadi hakim agung.

Pada inspeksinya di kounter pelayanan PN Sampit Herri lamngsung mengecek pelayanan petugasnya baik tentang pemberian SK tidak pernah mendapatkan Ponis Pengadilan, juga berkaitan dengan pendaftaran Banding dan Kasasi harus cepat akurat sehingga di pengadilan tingkat atas tidak terjadi keterlambatan pelayanan, ketika Herri bertanya tetang kecepatan peyanan dijawab olah petugas pelayanan untuk satu pelayanan memakan waktu 90 menit kalau rame pengunjung 15 menit waktu sepi.

Oleh karena itu, seluruh aparatur Pengadilan Negeri Sampit harus betul-betul mengedepankan sistim SIS agar Pengadilan Negri menjadi Refrom Exelent harus Vait Trail tidak berpihak dan seluruh personil PN harus menyadari menyadari penegakkan manajemen risiko untuk menutupi sisi mana saja yang dianggap lemah. (Tim – RN)

Share

0 Comments

Join the Conversation