Destinasi Kepariwisataan Pangkalan Bun menarik Perhatian Dunia.

By Administrator Published on 14:06, 07 Oct 2018.
Destinasi Kepariwisataan Pangkalan Bun menarik Perhatian Dunia.

Pangkalan Bun – RN. Kepariwisataan Pangkalan Bun menjadi perhatian Dunia terbukti dengan banyaknya kunjungan Wisman ke kota tersebut, terlebih pada kesempatan Kegiatan  rangkaian peringatan HUT ke 59 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), seperti ajang pameran yang rutin diselenggarakan setiap tahun yaitu Kobar Expo kembali digelar di Pangkalan Bun Park.

Ajang Kobar Expo 2018 ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kobar Nurhidayah dengan pengguntingan pita digerbang pameran, Sabtu (6/10/2018) sore.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan stand yang berasal dari berbagai instansi pemerintah dan swasta.

"Harapannya Kobar Expo ini bisa menjadi acuan pameran pembangunan di tingkat regional. Indikatornya dapat dilihat baik kuantitas maupun kualitas produk yang dipamerkan dan jumlah pengunjung yang datang serta perputaran uang yang dihasilkan selama kegiatan berlangsung," ujar Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, dengan kegiatan Kobar Expo 2018 yang berlangsung dari tanggal 6  hingga 13 Oktober 2018 ini dapat menjadi ajang hiburan dan rekreasi masyarakat Kobar.

"Sehingga masyarakat senantiasa dapat diliputi rasa kebersamaan, kenyamanan serta kegembiraan serta sebagai upaya mendorong produktivitas kerja dan meningkatkan kontribusi dalam membangun daerah," jelas Bupati.

Dalam acara pembukaan tersebut terdapat beberapa atraksi yang ditampilkan, Diantaranya adalah aksi Polisi Cilik (Pocil) binaan Polres Kobar dan berbagai tarian tradisional.

Walaupun usai acara pembukaan tersebut hujan mengguyur Pangkalan Bun dan sekitarnya, namun tidak menyurutkan  semangat Bupati dan suaminya H.M Ruslan AS untuk berkeliling mengunjungi berbagai stand yang ada berlartisipasi pada Kobar Expo 2018

Band legendaris ibu kota, Slank, akan turut memeriahkan peringatan HUT Kabupaten Kobar ke-59.  Rencananya grup musik dari Gang Potlot akan menggelar konser pada 9 Oktober mendatang.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah mengatakan bahwa konser Slank di Kobar merupakan salah satu janji Pemkab Kobar . Maka pada kesempatan HUT Kobar ini pihaknya mendatangkan legendaris tersebut. 

"Pasangan Nurhidayah dan Ahmadi Riansyah (Nurani) pernah berjanji akan mendatangkan Slank. Sebenarnya keinginan itu sudah sejak kami dilantik menjadi Bupati dan wakil Bupati. Namun Jadwal Slank itu penuh sampai akhir tahun 2017 lalu," kata Wakil Bupati.

Sebuah janji yang memang harus ditempati. Maka pada momen HUT Kabupaten Kobar ke-59 Slank bersedia hadir untuk menghibur masyarakat Kabupaten Kobar.

"Kita pastikan Slank bakal menghibur masyarakat Kobar. Bersamaan dengan kegiatan panggung hiburan pada hari selasa tanggal 9 Oktober 2018. Nantinya mereka akan tampil di Stadion Sampuraga," jelasnya.

Dan rangkaian acara HUT itu juga bertepatan dengan kedatangan para peserta Sail Indonesia. Para turis dari berbagai negara bakal datang ke Kobar.

“Nanti sekaligus menyambut kedatangan para peserta Sail Indonesia, sekalian kita mempromosikan wisata budaya saat peringatan HUT Kobar ini,”  diakhir penjelasan Ahmadi Riansyah pada wartawan.

Pembangunan Kepariwisataan di Kobar mendapat perhatian lebih dengan Pengucuran Dana yang Cukup dari APBD dan APBN. Seperti pembangunan Dermaga Wisata Pantai Kubu Kumai dan di tahun 2018 pembangunan Dermaga Wisata di desa Sabuai Timur kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat yang pengerjaannya dilaksnakan oleh CV Karya Bersaudara yang dipimpin oleh Muhammad Romi dengan konsultan Perencana dan Pengawas dari PT Megasurya Konsultan yang di pimpin oleh Deny Purnama ST MH. Pembangunan tersebut di dalam anggaran Dinas Pariwisata Kobar sebagai Pejabat Pengguna Anggaran Afrizal Sip. Pembangunan tersebut seharusnya selesai tanggal 28 september 2018.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik , dan Persandian Kabupaten Kobar Rody Iskandar mengatakan bahwa ada beberapa kegiatan yang akan digelar dalam rangkaian peringatan HUT Kabupaten Kobar. Mulai dari seni tradisional, konser musik, pawai budaya dan perlombaan.

RANGKAIAN KEGIATAN HUT KE-59 KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT TAHUN 2018 

  1. Gerak Jalan,   Tanggal 28 - 29 Oktober 2018, pukul 06.30 – selesai Tempat Start / Finish : lapangan Sampuraga Lama, Pangkalan Bun Leading Sektor : Dinas Kepemudaan dan Olahraga
  2. Ziarah Makam Pendiri Kobar, Tanggal 1 Oktober 2018, pukul 07.00 – selesai Tempat : Makam Pendiri Kobar dan Makam Gubah Kerajaan, Pangkalan Bun Leading Sektor : Dinas Sosial
  3. Anjangsana Tanggal 2 Oktober 2018, pukul 09.00 – selesai Tempat : Panti Asuhan, Yayasan, RSUD, SDLB, LP Leading Sektor : Dinas Sosial
  4. Upacara HUT Kobar, tempat : Lapangan Sampuraga Lama Upacara Adat dan Betomu Menyadi Salaman, tempat : Balai Sembaga Emas Tanggal 3 Oktober 2018, Pukul 07.00 – selesai
  5. Pawai Nasi Adab Tanggal 4 Oktober 2018, pukul 07.30 – selesai start / finish : depan Kodim / lapangan Termili Pangkalan Bun Leading Sektor : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Kobar Expo Tanggal 6 – 13 Oktober 2018, tempat : Pangkalan Bun Park Leading Sektor : Disperindagkop UKM
  7. Festival Batang Arut Tanggal 7-8 Oktober 2018, Tempat : Sungai Arut Pangkalan Bun Leading Sektor : Dinas Pariwisata
  8. Sail Indonesia Tanggal 8 Oktober 2018, Tempat : Kumai Leading sektor : Dinas Pariwisata
  9. Bupati Cup Tanggal 3-23 Oktober 2018 Leading Sektor : Dinas Kepemudaan dan Olahraga
  10. Festival Kobar Kreatif Tanggal 24-28 Oktober 2018, Tempat : Pangkalan Bun Park Leading Sektor : Dinas Pariwisata dan  giat Bike dan Puncak Acara Festival Kobar Kreatif Tanggal 4 November 2018, Tempat : Bundaran Pancasila  Leading Sektor : Dinas kepemudaan dan Olahraga  serta kgiatan Mehampar Wadai november 2018 tempat di Kelurahan Mendawai .  (Tim – RN)

 

Share

0 Comments

Join the Conversation