Berkali-kali ditunda peresmian RSUD Kalampangan hingga ketertutupan informasi di DISKES Kota Palangkaraya.

By Administrator Published on 12:11, 11 Dec 2018.
Berkali-kali ditunda peresmian RSUD Kalampangan hingga ketertutupan informasi di DISKES Kota Palangkaraya.

Palangka Raya – RS. Sesuai UUD’45 Negara menjamin Tingkat kesehatan warganegara Indonesia. Bertolak dari itu maka Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya menargetkan Desember 2018 ini pembangunan rumah sakit umum daerah (RSUD) Tipe D yang berada di Kalampangan dapat diselesaikan.

"Pembangunan RSUD Tipe D Kota Palangka Raya ditargetkan setidaknya dapat selesai pada 10 Desember 2018 ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, drg Andjar Hari Purnomo.

Meski target penyelesaian pembangunan telah ditetapkan, drg Andjar menyatakan bahwa pihaknya belum bisa menetapkan kapan peresmian rumah sakit yang beralamat di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau tersebut.

"Kalau peresmiannya kita belum bisa pastikan kapan, karena masih menunggu petunjuk dari wali kota Palangka Raya Fairid Naparin untuk meninjau terlebih dahulu sebelum diresmikan," jelasnya.

Meski tanggal peresmian belum ditentukan, namun setelah tanggal 10 Desember 2018 tersebut menurut drg Andjar, fungsi rumah sakit secara keseluruhan sudah fungsional untuk melayani pasien.

Dari jalannya pembangunan yang terus molor RSUD Kalampayan meninggalkan banyak tanda Tanya. Dari keterlambatan yang tidak jelas penyebabnya sampai dengan alasan addendum dan denda pajak keterlambatan.

Ketika seorang jurnalis mencoba menguak penyebab keterlambatan pembangunan RSUD Kalampangan dia dipimpong kesana kemari oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya, sampai-sampai ira watie harus menemui Ketua Tim Jaksa Pengawas Pembangunan di kantor Kejaksaan Kota Palangkaraya Mahdi Suryanto, SH. Dari hasil investigasi di lapangan keterangan wartawati Ira watie yang mencari kejelasan polemik pembangunan RSUD Kalampangan tersebut “ada penggunaan Besi Bekas” Pada Bagian bangunan RSUD Kalampangan hal itu terungkap dari pembicaraannya dengan Pihak Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya.

Dari yang direncanakan Peresmian RSUD Kalampangan tersebut sudah berapa kali diundur dan terakhir 10 Desember 2018 juga tidak terealisasi. “apa janji anggota DPRD kota Palangkaraya, apa sikap dan tindakannya terhadap keterlambatan peresmian yang berkali-kali tersebut” kata ira pada Rankannauli.com. (Tim – RN)

Share

0 Comments

Join the Conversation