Anggota KUD Sumber Alam desa Sumber Makmur Kotim Dibiarkan Merugi DISKOPUKM Tidak Tahu?

By Administrator Published on 20:08, 04 Aug 2018.
Anggota KUD Sumber Alam desa Sumber Makmur Kotim Dibiarkan Merugi DISKOPUKM Tidak Tahu?

Sampit – RN. Koperasi Unit Desa (KUD) “Sumber Alam” desa Sumber Makmur kecamatan Parenggean Kotawaringin Timur Badan Hukum No. : 10/BH/KWK-15/III/1996 TGL. 07-03-1996 yang sekarang yang seharusnya melakukan Rapat Anggota Tahunan dibulan Mei 2018 akan melakukan Rapat Anggota Tahunan Akhir masa Kepengurusan yang telah lewat 4 (empat) bulan itu pada tanggal 5 Agustus 2018 di Aula Kantor Dersa Sumber Makmur. Pada masa kepengurusan yang sudah berakhir tersebut Kades Sumber Makmur sebagai Pelindung/Pembina membuat  Surat Keputusan Pelindung/Pembina KUD. Sumber Alam desa Sumber Makmur No. : 01/PEMBINA/SA-SBM/VII/2018 yang ditanda tangani oleh Kepala Desa Ngadenan tanggal 17 Juli 2018 dan telah disegarkan dengan SK No. :02/PEMBINA/SA-SBM/IX/2018 TANGGAL 11 September 2018 yang tetap Menugaskan Rujiman sebagai Ketua Tim Inisiator untuk memimpin penyehatan Koperasi Unit Desa (KUD) “Sumber Alam” desa Sumber Makmur kecamatan Parenggean Kotawaringin Timur.

Koperasi merupakan suatu institusi perekonomian yang diharapkan dapat berperan sebagai mesin penggerak kegiatan ekonomi nasional sekaligus sebagai pilar atau penyangga utama atau tulang punggung sistem perekonomian bangsa maka keberadaannya dijamin oleh Undang-undang. Dengan adanya koperasi di harapkan dapat berperan dalam mewujudkan kesejahtaraan dan kemakmuran rakyat

Dalam pelaksanaannya koperasi membutuhkan Dasar Hukum atau landasan hukum yang memayunginya agar dapat berjalan dengan stabil serta terciptanya sistem perekonomian yang tertib.

Dasar Hukum Koperasi  Undang-undang No. 25 Tahun Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Dalam undang undang ini menegaskan bahwa pembinaan koperasi, pengesahan perubahan anggaran dasar dan pemberian status badan hukum koperasi merupakan wewenang serta tanggung jawab pemerintah. Wewenang tersebut dapat dilimpahkan pada menteri yang membidangi koperasi. Dengan demikian pemerintah bukan untuk mencampuri urusan internal organisasi koperasi namun hanya mengawasi dan memperhatikan prinsip kemandirian koperasi

Undang undang ini di susun dengan maksud untuk memperjelas dan mempertegas jati diri, tujuan, peran, manajemen, kedudukan serta pemodalan dan pembinaan koperasi agar dapat terwujudnya kehidupan koperasi sesuai dengan azas koperasi yaitu azas kekeluargaan

Di Kotim Memang Terdapat Banyak permasalahan yang krusial tentang  Perkoperasian hal ini di karenakan ada nya ASN koperasi yang ikut sebagai Anggota Koperasi di Beberapa Koperasi yang ada dalam Binaanya yang berakibat pada fsikologis pada  Pengurus dan anggota koperasi karena di beri pengertian yang lebih mengarah pada “intimidasi pada anggota lain”. Sebagi Contoh pada Rapat Anggota Koperasi Sumber Alam Desa Sumber Makmur Parenggean Kotim pada tanggal 15 Juli 2018 Subagio Pensiunan Dinas Koperasi dan UKM Kotim Mengatakan “Biaya Audit Itu Mahal siapa yang bertanggung jawab” kata Subagio Pada anggota lain yang tidak mengerti. Sehingga anggota koperasi sumber alam ketakutan dengan Pernyataan mantan ANS Diskop dan UKM Kotim tersebut. Padahal dalam ART KUD SA desa Sumber Makmur Bab IV Pasal 20 ayat 3 huruf L jelas disebutkan biaya audit dibebankan dalam Anggaran Biaya Koperasi.

Dalam Anggaran Dasar Perubahan KUD Sumber Alam yang di buat tanggal 18 Januari 2007 pada Bab VI tentang Pengurus pasal 21 ayat 3 “Pengurus dipilih untuk Masa Jabatan Tiga tahun” Pada ART   yang disyahkan di Rapat Anggota Tanggal 10 Pebruari 2013 Bab IV  Pasal 23 ayat 7, 10 Tidak memiliki Kewenangan untuk melaksanakan tugas sebagai pengurus dan dalam ayat 11 pekerjaan pengurus wajib di audit atas pelaksanaan Tugasnya.

Rusmin Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) “Sumber Alam” desa Sumber Makmur kecamatan Parenggean Kotawaringin Timur Badan Hukum No. : 10/BH/KWK-15/III/1996 TGL. 07-03-1996 pada masa ini sedang merampungkan Laporan Pertanggung jawaban kepengursannya untuk di laporkan pada Rapat Anggota Tahunan pada Tanggal 5 agustus 2018 yang rencananya akan dihadiri langsung oleh kadis KOP dan UKM Kotim Karitna Purba di Desa Sumber makmur.

Ketika Polemik KUD Sumber Alam desa Sumber Makmur ditanyakan Kepada Kadis Kop dan UMKM Kotim Kartina Purba di Ruang Kerjanya tanggal 19 September 2018 dijelaskan "Kepala Desa Tidak boleh Intervervensi di KUD, Kalo ART KUD itu bertentangan dengan yang di atasnya tidak berlaku, kalo masalah Pembinaan ada juga Koperasi yang selalu diBINA  JUGA JADI FAILIT , terimakasih nanti ART dan surat Inisiator KUD Sumber Alam akan kami pelajari lagi dan akan kami jawab dengan Surat"  jelas Kadis Kop dan UMKM Kotim .

Dalam surat yang ditanda tangani bersama Tim Inisiator dan Rusmin di atas metrai Rp 6000,- serta di kuatkan dalam RAT tanggal 5 Agustus 2018 Audit anggota dan Keuangan harus dilaksanakan, tetapi rusmin tetap  tidak bersedia diaudit, sehingga Tim Inisiator Mengirimkan Surat kepda KadiKop UMKM Kotim dengan prihal Tidak Mengakui Kepengurusan KUD Sumber Alam hasil RAT 05 Agustus 2018. (Tim – RN)

 

Share

0 Comments

Join the Conversation