74 Tahun lalu Aiptu Hudaya Sumarya bersama 65 anggotanya Kibarkan Merah Putih di SALAKITI

By Administrator Published on 34:12, 24 Sep 2019.
74 Tahun lalu Aiptu Hudaya Sumarya bersama 65 anggotanya Kibarkan Merah Putih di SALAKITI

Fak Fak – RN. HUDAYA SUMARYA (melambaikan tangan) memimpin Satu Pasukan untuk mengemban perintah Kepala Negara Republik Indonesia dalam rangka operasi Trikora di  Irian Barat, namanya kini diabadikan menjadi salah satu AULA di Ksatrian Brimob Amji Attak Kelapadua.


Berangkat dari GOROM menuju Tanjung Fatagar FAK-FAK melaksanakan operasi TRI KORA. 74 tahun yang silam Aiptu Hudaya Sumarya bersama 65 anggotanya berhasil melakukan pendaratan di Pantai Papua dan berusaha melakukan infiltrasi ke Daerah Fak Fak walaupun dengan di tengah himpitan pagar betis tentara laut, tentara darat dan polisi BELANDA, mereka berhasil masuk ke Papua, Aiptu Hudaya Sumarya bersama 65 anggotanya dan mendapat sambutan HANGAT serta DUKUNGAN dari masyarakat Rumbati/MUHAMMAD TAHIR BAUW.


Aiptu Hudaya Sumarya bersama 65 anggotanya digempur tentara Belanda dari darat laut dan udara namun jejak mereka HILANG dihapus Hujan, pada akhirnya pak Hudaya dan anggotanya mampu memberikan perlawanan yang SERIUS hingga menewaskan Komandan Kompi tentara Belanda.


Kemudian Aiptu Hudaya Sumarya bersama 65 anggotanya pada akhirnya mereka berhasil melaksanakan PERINTAH PADUKA YANG MULIA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA SOEKARNO untuk mengibarkan Bendera MERAH PUTIH di Rumbati, Patiti, Soom, Tawar, dan Salakiti PAPUA.

 

Tulisan ini mungkin bisa menjadi infirasi bagi kita semua betapa besarnya perhatian Polisi  waktu itu terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, semoga jiwa pengabdian TANPA PAMRIH Aiptu Hudaya Sumarya bersama 65 anggotanya berhasil ditransfer kepada Penerusnya. (Tim – RN)

Share

0 Comments

Join the Conversation